Pelaksanaan Asesmen Nasional di SMKN 5 Pandeglang

Dengan adanya kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) tentang pergantian Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) maka sesuai jadwal yang telah ditentukan, pada hari Senin dan Selasa, 20-21 September 2021 Asesmen Nasional di SMKN 5 Pandeglang dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala dengan jumlah peserta siswa sebanyak 45 orang.
Dikutip dari website anbk.kemdikbud.go.id, “Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.”

Selain dari pada Siswa, Kepala Sekolah dan juga seluruh tenaga pendidik sejumlah 34 orang menigisi instrumen AN yaitu survei lingkungan.
Dengan hasil AN ini, sekolah akan melakukan refleksi untuk bahan evaluasi dan merencanakan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.
Lebih dalam lagi, diharapkan Asesmen Nasional ini dapat memperbaiki sistem pendidikan nasional sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *