Pelaksanaan ANBK di SMKN 5 Pandeglang

ASESMEN NASIONAL

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMKN 5 Pandeglang tahun ajaran 2022/2023 telah terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala yang berarti. ANBK dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 Agustus 2022, hari pertama jenis asesmen yang dikerjakan oleh peserta didik yaitu literasi membaca dan survei karakter kemudian di hari kedua peserta didik dihadapkan dengan jenis asesmen numerasi dan survei karakter. Sejumlah 45 (empat puluh lima) peserta ANBK hadir tertib dan tepat waktu, seperti yang telah kita ketahui bahwa peserta ANBK merupakan peserta yang dipilih secara acak oleh pemerintah melalui laman pd.data.kemdikbud.go.id.

Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. ANBK menilai mutu sekolah berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (Literasi, Numerasi dan Karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim sekolah yang mendukung pembelajaran. Dari laman resmi kemdikbud menyebutkan tujuan dari ANBK itu sendiri yaitu menganalisa Karakter, meningkatkan kemampuan literasi, meningkatkan kualitas belajar mengajar dan meningkatkan kemampuan numerasi.

Deriko Inanggia selaku wakil kepala bidang kurikulum sekaligus ketua pelaksana Asesmen Nasional menuturkan “Dengan terlaksananya Asesmen Nasional ini, harapannya agar mendapatkan hasil lebih baik dari tahun lalu, hasilnya dapat dijadikan bahan evaluasi sebagai bentuk upaya peningkatan Mutu Pendidikan di SMKN 5 Pandeglang, dan semoga peserta didik termotivasi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasinya.” (MB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *